Thursday, January 17, 2013

teks pidato bahasa indonesia tentang pendidikan

contoh teks pidato bung karno
teks pidato bahasa indonesia tentang pendidikan kali ini akan kami sajikan dengan sangat detail, ini karena teks pidato bahasa indonesia tentang pendidikan banyak di cari di intrnet, sehingga ketika anda mencarai teks pidato bahasa indonesia tentang pendidikan, anda bia menggunaknnya sebagai bahan teks pidato untuk pidato anda

di bawah ini adalah contoh teks pidato bahasa indonesia tentang pendidikan


Assalamu’alaikum wr. Wb.
Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah SWT, dimana pada hari ini kita semua masih diberi kenikmatan dan kesehatan. Shalawat dan salam semoga senantiasa tetap tercurahkan kepada Baginda Nabi besar kita Muhammad SAW. Bapak/Ibu guru yang saya hormati dan teman-teman yang saya sayangi, dalam kesempatan yang berbahagia ini, perkenankan saya untuk memberikan sambutan dengan mengambil tema : Hari Pedidikan Nasional
Ki Hajar Dewantara (1889-1959) seorang tokoh pendidikan Indonesia yang memprakarsai berdirinya lembaga pendidikan Taman Siswa, terkenal dengan filsafat Ing Ngarso Sun Tulodo artinya Ing ngarso itu di depan/dimuka. Sun berasal dari kata Ingsun yang artinya saya. Tulodo berarti tauladan. Jadi makna Ing Ngarso Sun Tulodo adalah menjadi seorang pemimpin harus mampu memberikan suri tauladan bagi orang-orang di sekitarnya. Ing Madyo Mbangun Karso, Ing Madyo artinya di tengah-tengah, Mbangun berarti membangkitan atau menggugah dan Karso diartikan sebagai bentuk kemauan atau niat. Jadi makna dari kata itu adalah seseorang di tengah kesibukannya harus juga mampu membangkitkan atau menggugah semangat .
Tut Wuri Handayani, Tut Wuri artinya mengikuti dari belakang dan handayani berati memberikan dorongan moral atau dorongan semangat. Merumuskan tujuan pendidikan yang meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Menurut Ki Hajar Dewantara, adalah hak tiap orang untuk mengatur diri sendiri, oleh karena itu pengajaran harus mendidik anak menjadi manusia yang merdeka batin, pikiran, dan tenaga. Pengajaran jangan terlampau mengutamakan kecerdasan pikiran karena hal itu dapat memisahkan orang tepelajar dengan rakyat.
Berdasarkan Undang-Undang Dasar 1945 pasal 31 telah mengamanatkan bahwa setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan. Untuk itu pemerintah melalui Kemendiknas mewajibkan pendidikan 9 tahun harus tercapai. Untuk itu, dibangunlah sekolah-sekolah di seluruh wilayah Republik Indonesia. Karena letak geografis Indonesia yang sangat luas,ditunjang oleh budaya, sosial, dan ekonomi masyarakat yang berbeda, sehingga pendidikan 9 tahun belum merata tercapai. Ini dapat dibuktikan masih banyak sekolah yang kondisinya meprihatinkan termasuk sarana, fasilitas teknologi, serta sumberdaya manusia yang belum memadai. Padahal kemajuan suatu bangsa akan ditentukan oleh pendidikan yang berkualitas.
Melalui Hari Pendidikan Nasional ini kita berharap
semoga bangsa Indonesia lebih dapat meningkatkan dan mencerdaskan serta menciptakan anak-anak Indonesia yang produktif, kreatif, dan inovatif yang berguna bagi bangsa dan negara, agar tercipta  sumberdaya manusia yang berkualitas dan mandiri yang dapat memenuhi kebutuhan global.
Pendidikan dapat menentukan masa depan bangsa, dengan bekal pendidikan kita dapat mencari pekerjaan yang baik untuk kehidupan yang lebih baik pula. Semakin tinggi pendidikan kita, maka semakin tinggi pula peluang untuk mendapat pekerjaan yang layak.
Demikan yang saya sampaikan. Semoga ada manfaatnya. Mohon maaf bila ada kata-kata yang kurang berkenan. Terima kasih atas perhatiannya.
Wassalamualaikum Wr.Wb.
 
semoga contoh teks pidato bahasa indonesia tentang pendidikan ini dapat bermanfaat bagi anda.
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

◄ Newer Post Older Post ►